Potensi Teknik Industri


Assalamu’alaikum Wr. Wb

Salam super bagi para pembaca sukses, dimana ada buku disitu kamu baca. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai “Potensi Bagi Seorang Teknik Industri”. Mengapa harus seorang teknik industri? (ini karena kebetulan aja, ane jurusan teknik industri hehee kalo jurusannya teknik pertambangan mungkin udah beda lagi yang dibahasnye...). Kita tahu setiap orang pasti memiliki potensi yang tertanam dalam dirinya, hal inilah yang membuat seseorang terkadang memikirkan Life Is Change (Anjayyyy) .... Namun sebelum dibahas lebih lanjut, seperti biasa pembahasan postingannya sesuai dengan beberapa pertanyaan. Apa saja pertanyaan? Mari disimak.

  1. Pengertian potensi adalah ?
  2. Jelaskan singkat mengenai Teknik Industri ?
  3. Apa saja potensi yang dimiliki seorang teknik industri ?
  4. Berikan beberapa contoh dari potensi tersebut ?
Potensi

Kata potensi berasal dari serapan dari bahasa Inggris, yaitu potencial. Artinya ada dua kata, yaitu, kesanggupan; tenaga dan kekuatan; kemungkinan. Sedangkan menurut kamus besar bahasa Indonesia, definisi potensi adalah kemampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan, kekuatan, kesanggupan, daya.Intinya, secara sederhana, potensi adalah sesuatu yang bisa kita kembangkan (Majdi, 2007:86). Kira-kira begitu ...



Adapun beberapa jenis-jenis potensi yaitu ;

a)      Potensi Berpikir
Manusia memiliki potensi berfikir, Maka, dapat dikatakan bahwa setiap manusia memiliki potensi untuk belajar dan mendapatkan informasi-informasi baru, menghubungkan berbagai informasi, serta menghasilkan pemikiran baru.

b)      Potensi Emosi
Setiap manusia memilki potensi cita rasa, yang dengannya manusia dapat memahami orang lain, memahami suara alam, ingin mencintai dan dicintai, memperhatikan dan diperhatikan, menghargai dan dihargai, serta cenderung kepada keindahan.

c)      Potensi Fisik
Adakalanya manusia memilki potensi yang luar biasa untuk membuat gerakan fisik yang efektif dan efisien serta memiliki kekuatan fisik yang tangguh.Orang yang berbakat dalam bidang fisik mampu mempelajari olah raga dengan cepat dan selalu menunjukkan permainan yang baik.

d)      Potensi Sosial
Pemilik potensi sosial yang besar memiliki kapasitas menyesuaikan diri dan mempengaruhi orang lain. Kemampuan menyesuaikan diri dan mempengaruhi orang lain didasari kemampuan belajarnya, baik dalam dataran pengetahuan maupun ketrampilan.

Teknik Industri

Teknik Industri merupakan ilmu yang mempelajari proses industri baik dari sisi manajemen ataupun teknik. Ilmu teknik industri sebenarnya adalah turunan dari teknik mesin. Walau demikian, para mahasiswa juga harus mempelajari disiplin lain seperti matematika, fisika, fisiologi, bahkan manajemen saintifik. Teknik industri berfokus kepada perancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem terintegrasi yang membutuhkan peran manusia, material, peralatan dan energi. Teknik Industri sendiri dibagi menjadi tiga bidang besar yaitu ;



·         Pertama, sistem manufaktur yang mempelajari peningkatan kualitas, produktivitas, dan efisiensi sistem produksi.

·         Kedua adalah manajemen industri, di mana para mahasiswa harus mempelajari manajemen keuangan, manajemen operasional, manajemen inovasi, perencanaan dan pengendalian produksi, dan ekonomi teknik.

·         Ketiga adalah sistem industri dan tekno ekonomi, seperti logistik, statistik, penelitian operasional, dan sistem basis data. Untuk lebih lengkap penjelasannya lagi kunjungi klik disini

Potensi Yang Harus Dimiliki Teknik Industri

Potensi yang harus dimiliki seorang yang bergelut dijurusan teknik industri, ialah harus memikirkan mengenai teknik industri itu sendiri seperti apa dan berpikir akan kedepannya juga bagaimana. Karena dijaman sekarang ini, perkembangan teknologi telah membuat dunia semakin kompleks, kebanyakan orang ingin segala bentuk kegiatan menjadi lebih singkat namun produktif. Inilah yang menjadikan kecenderungan untuk menunjukan bahwa lingkungan yang kompetitif bagi para praktik teknik industri akan semakin berbeda-beda (sesuai kemampuannya).

Teknik Industri sebagai suatu sistem integrator pada masa mendatang akan lebih besar lagi peranannya ditambah lagi dengan semakin dikembangkannya Computer-Integrated Manufacturing (CIM). Untuk mengenalkan berbagai teknologi dan inovasi baru, seorang teknik industri harus memiliki perubahan yang berarti dalam setiap potensinnya. Sebab pada penggunaaan sistem yang baik akan mendorong kerja sama pada suatu pekerjaan, dan mengubah kultur pekerjaan itu sendiri, inilah mengapa peran seorang teknik industri pada masa yang mendatang akan memainkan dua peran yaitu, sebagai sistem integrator dan sebagai agen perubahan.

Disamping perkembangan teknologi yang semakin pesat, berbalik dengan sumber daya alam yang terbatas. Dan potensi yang harus seorang teknik industri juga yaitu memikirkan bagaimana mengembangkan keilmuan untuk menangani batasan tersebut. Oleh karena itu baik individu ataupun kelompok dituntut untuk belajar keterampilan baru dan cepat. Tambahan lagi untuk para seorang Industrial Engineering sendiri, harus memiliki softskill yang dikuasai dalam dirinya yaitu ;

Ø  Personal
Personal Skills merupakan kemampuan seseorang untuk mengembangkan dirinya sendiri menjadi lebih baik. Skills ini lebih ke arahan self development yang mencakup research skills personal time management, problem solving skills, , kreativity, learning capability Team Thinks,  dll.

Ø  Interpersonal
Interpersonal Skills merupakan kemampuan seseorang untuk berinteraksi / berhubungan langsung dengan orang lain secara individu (one to one) atau audiens (one to many) bias disebut sebagai orang yang menerima informasi dari orang lain. Skill ini mendorong kita untuk mampu dalam interview, bernegosiasi, sikap yang sesuai dengan keadaan, penampilan yang mencirikan ahli tertentu, listening skills, public speaking and presentation, effective meetings, writing reports and proposals, project management, working with teams, dll.

Beberapa Contoh Potensi

Karena sebelumnya kita tahu bahwa potensi merupakan sesuatu yang bisa dikembangkan, dan kaitannya dengan potensi yang harus dimiliki seorang Industrial Engineering yaitu menguasai dari ilmu disiplin teknik industri. Ada 3 ilmu disiplin teknik industri ialah ;



1)      Analisis dan Perancangan
·         Method Engineering
·         Pengukuran kerja
·         Ergonomi
·         Perencanaan dan perancangan fasilitas
·         Simulasi
·         Penanganan bahan (material handling)

2)      Pengawasan Operasi
·         Sistem produksi
·         Just in time
·         Pengawasan persediaan
·         Riset operasional
·         Pengendalian kualitas

3)      Manajemen Operasi
·         Perencanaan organisasi
·         Pengorganisasian
·         Pengawasan

Ketiga kriteria ilmu dasar itu harus dilakukan agar aplikasi dari Teknik Industri berhasil dalam kualitas, waktu, dan biaya sesuai tujuan teknik industri sendiri yaitu menjamin produk/jasa yang dihasilkan/produksi pada kualitas yang tepat, waktu yang tepat, dan biaya yang tepat pula. Jadi bagi seorang Industrial Engineering (Teknik Industri) harus memiliki potensi yang berkaitan dengan bidang yang ditekuninya, buat rencana terlebih dahulu, kira-kira passion saya diteknik industri seperti apa? Jika sudah menemukan maka kejarlah passion itu dengan potensi yang kamu miliki.

Mungkin itu saja yang dapat dijelaskan mengenai potensi bagi seorang teknik industri, kurang lebih mohon maaf. Terima kasih, wassalam’alaikum ..........

Refrensi Terkait


Komentar

Postingan Populer