Laporan Praktikum Fisika Dasar Kalorimeter


Assalamu’alaikum. Wr. Wb

Selamat datang, Salam super untuk para pembaca sukses dimana kamu berada disitu kami ada. Pada kali ini akan diberitahukan mengenai tutorial contoh membuat laporan akhir praktikum fisika dasar. Namun akan dijelaskan terlebih dahulu bagaimana proses praktikum dari awal praktikum hingga akhir praktikum itu seperti apa.

v Biasanya terlebih dahulu, para mahasiswa akan dikumpulkan untuk diberitahu tentang pelaksanaan kelas praktikum itu seperti apa, darimulai tata caranya, pelaksanaannya seperti apa, dan hal-hal yang wajib dibawa juga apa. Biasanya pemberitahuaan ini dilakukan sebelum hari H. Seperti penjelasan dibawah ini.
Yang harus dibawa untuk memulai praktikum oleh para praktikan yang disesuaikan oleh jadwal praktikum itu sendiri seperti :

1.     Laporan pendahuluan harus
·        Ditulis tangan dengan rapi menggunakan tinta biru dan diberi bingkai pada kertas kuarto/A4.
·        Teori harus ditambah (kalo bisa teorinya banyakin, karena ini point plus penilaian).
·        Tugas kerja dirubah menjadi kalimat aktif.
·        Tugas pendahuluan harus dijawab (kalo bisa jawabnya banyakin biar dapet nilai plus juga).

2.     Kartu Praktikum
·        Lengkap dengan foto 2 x 3 (untuk laki-laki backgroundnya biru).
·        Tulis nama, kelas, dan data lainnya harus diketik.

3.     Daftar Nilai
·        Lengkap dengan foto 3 x 4.
·        Tulis nama, kelas, dan data lainnya harus diketik.

4.     Fotocopy lembar data yang kosong 8 lembar.




v Sebelum dimulainya praktikum pada hari H, biasanya terlebih dahulu diberitahukan materi apa saja yang akan dibahas. Setelah itu, para mahasiswa dianjurkan untuk mendownload materinya dalam bentuk pdf yang telah diberikan pihak kampus.




Misalkan materi yang saya dapat ialah (K1 – kalorimeter). Nah, langkah pertama ialah membuat laporan pendahuluan untuk persyaratannya seperti penjelasan diatas. Berikut akan diberikan laporan pendahuluan contoh yang saya punya. (ingat! Laporan pendahuluan harus dikerjakan sebelum dimulainya praktikum itu sendiri).





















gambar diatas adalah data yang diisi pada saat praktikum berlangsung (di Lab)



















v Setelah itu untuk membuat laporan praktikumnya (dalam bentuk makalah) tinggal digabung saja Tugas pendahuluan+Data+Laporan akhir. Kemudian jilid (dengan ketentuan warna jilid depannya harus putih bening, sedangkan warna belakangnya bebas).

Yang perlu diperhatikan ialah, pada saat mengerjakan laporan akhir. disarankan untuk memperbanyak pengisian analisa percobaan, kesimpulan dan saran. jika ingin nilai laporan praktikum fisika dasarya bagus. heheheee .... 


Mungkin itu saja sedikit gambaran mengenai contoh laporan praktikum dari mulai contoh pembuatan laporan pendahuluan sampai contoh pembuatan laporan akhir. Semoga dapat membantu rekan-rekan yang ingin mencari refrensi belajarnya. Terima kasih,  Wassalamu’alaikum. Wr. Wb

Komentar

Postingan Populer