ISTJ Examiner

Penjelasan ISTJ
Tipe kepribadian ISTJ adalah orang yang sangat setia dan reliabel. Mereka sangat menghargai kejujuran dan integritas pada aktifitasnya. Dalam pekerjaan mereka biasanya menyelesaikan tugasnya alamenurut, tuntas, rapi, dan cermat pada waktunya. Mereka mempunyai pertimbangan yang matang di mencari solusi untuk sebuah masalah dan biasanya berpijak pada hal praktis. Menggemari hal-hal yang berdasarkan historia dan jelas.
Fakta ISTJ adalah Mereka terlihat tenang dan konsisten, justru pada saat krisis. Karena ragam pikirnya yang terencana, adalah ISTJ sangat terorganisir lalu sistematis. Wujud sekitar 12% populasi jamaah di dunia yang termasuk dalam tipe kepribadian sekarang. Selain itu mereka juga patuh pada cara dan prosedur. Keberhasilannya hampir sering didapat melalui kerja keras dan keuletan.

Kepribadian - ISTJ (Introversion, sensing, thinking, dan judging ...

Jika dilihat dari tipe kepribadian, ia Minim peka pada kebutuhan jamaah lain, terutama yang berselisih dari dirinya. Sama seperti tipe kepribadian lainnya, seorang ISTJ jua mempunyai kelemahan. Mereka condong ragu-ragu terhadap gagasan anyar jika tidak dapat mengecek manfaatnya dan mempraktikkannya. Mereka jarang menyisihkan waktu untuk relaksasi karena bagi mereka bergiat itu lebih penting serta produktif, padahal sebenarnya mereka memerlukan waktu relaksasi tersebut.
Praktis, orienatsi di fakta, realistis, dan bertanggung jawab. Anteng, serius, meraih kesuksesannya dengan ketelitian dan kehandalannya pada bekerja. Memutuskan apa yang harus dilakukan dengan benar, dan bekerja dengan telaten pada satu hal, dengan tidak mempedulikan gangguan. Memegang nilai-nilai tradisi lalu loyalitas. Mereka merasakan senang dengan segala sesuatu yang tertib dan teratur pada pekerjaan mereka, griya mereka, dan kehidupan mereka. Dalam Keirsey Temperament Varianter yang dikembangkan David Keirsey, ia mengkategorikan ISTJ kedalam Temperamen Guardian, diperkirakan populasi ISTJ didunia yakni masa 11-14% dari populasi negara. ISTJ (Introversion, Realizing, Thinking, Judging) adalah singkatan yang digunakan untuk menyebut salah satu dari 18 Jenis Kepribadian yang dikategorikan dalam Intrumen Tes Kepribadian MBTI (Myers-Birggs Type Indicator).

Mereka unggul dalam pengorganisasian, memfasilitasi, memeriksa, dan membantu. Dampak terbesar mereka adalah logistik. Menemukan keamanan dan rasa kebersamaan, mereka peduli dengan tugas dan tanggung jawab. Menurut Keirsey Temperament Varianter, Guardians merupakan jenis pribadi konkrit dan terorganisir.

a.    Introversion (I): ISTJ lebih menentukan menghabiskan waktu sendirian / dalam kelompok kecil lalu teman-teman dekat.
b.  Sensing (S): ISTJ lebih memilih hauptaugenmerk pada detail daripada berpikir tentang informasi abstrak.
c.    Thinking  (T): ISTJ membuat keputusan berdasarkan logika dan obyektivitas data daripada perasaan personal
d.      Judging (J): ISTJ merupakan seorang perencana, mereka hobi merencanakan sesuatu dengan benar

Tipe kepribadian ISTJ membuktikan karakter integritas, berpikir h?tel, dan mendedikasikan dirinya bagi pekerjaan. Mereka tergolong orang-orang yang tenang dan puas pada hidup yang tenang dan damai. Namun dalam pekerjaan mereka akan serius dan termotivasi untuk menyelesaikannya dengan sukses. Orang yang karakter ISTJ sangat devoted, terpercaya, dan dapat diandalkan. Andai seorang ISTJ tidak membina sisi intuisi mereka hingga mereka akan terobsesi dengan struktur dan melakukan seluruh sesuatu “sesuai dengan buku. Mereka adalah contoh “good citizens” yang dapat diandalkan untuk melakukan hal hebat untuk keluarga dan komunitas.  Mereka unggul dalam pengorganisasian, memfasilitasi, memeriksa, dan membantu. Dampak terbesar mereka adalah logistik.

Sebagai “good citizens”, manusia dengan kepribadian ISTJ menjurus percaya pada hukum lalu tradisi, dan mereka berharap hal yang sama dalam orang lain. Mereka gak nyaman untuk mendobrak hukum atau melawan aturan. Si ISTJ berfokus pada dunia internal mereka dan fokus pada depth dan fakta. Mereka berlimpah tertarik pada waktu kini daripada masa depan. Mereka memilih untuk bekerja sendirian, tapi dapat bekerja dengan orang lain juga bila dibutuhkan.

Fakta tipe kepribadian ISTJ
a.       Menghargai budaya
b.      Menginginkan kedamaian
c.       Telaten dan menyelesaikan hobi secara detail
d.      Dedicated dan terpercaya
e.       Kompak dan rendah hati
f.       Farrenheit. Family-minded
g.      Tidak gemar melakukan sesuatu yang bukan berarti bagi mereka
h.      Tidak menyukai teori pokok, kecuali jika ada aplikasi prakteknya
i.        Seorang pemimpin natural
j.        Bekerja sendirian, tapi jika dibutuhkan meraih bekerja dalam tim
k.      Fokus pada fakta serta mengumpulkan informasi
l.        Meracik keputusan secara obyektif dengan mengaplikasikan pemikiran logis lalu rasional
m.    Tidak menggemari perubahan, kecuali jika wujud hal yang menguntungkan
n.      Memiliki opini yang mantap tentang bagaimana sesuatu hendak diselesaikan
o.      Mengapresiasi sistem
p.      Memiliki standar yang tinggi untuk perilaku mereka dan orang lain
q.      Tidak secara natural meraih merasakan perasaan orang yang lain
r.        Dapat menyelesaikan keseluruhan jika mereka bersungguh-sungguh di pekerjaan tersebut
s.       Great residents

Karir yang cocok untuk ISTJ
ISTJ adalah sosok taat, logis, teratur, masuk nalar, dan tradisional. Mereka bergerak menjaga kehidupan dan kawasan mereka tetap teratur. Pada umumnya pendiam dan menjadi individu yang serius, mereka menjumpai keberhasilan melalui ketelitian serta kehandalan yang luar normal. Realistis dan bertanggung jawab, ISTJ sering dianggap sebagai lebah pekerja yang berjuang terus menuju tujuan mereka. Meskipun mereka dapat diandalkan dan memiliki niat benar, namun, ISTJ dapat mendapatkan kesulitan dalam memahami serta merespon kebutuhan emosional jamaah lain.

ISTJ memiliki kesiapan yang teliti untuk menghadapi berbagai kemungkinan yang mungkin terjadi kemudian memiliki pemahaman yang benar terhadap kebanyakan situasi. Mereka berorientasi di dalam detail, dan menimbang semua kemungkinan dalam membuat keputusan, meskipun mereka umumnya berpegang pada cara konvensional. ISTJ, mereka hampir sering fokus pada dunia inner mereka, namun, meskipun demikian ISTJ lebih suka berhadapan dengan masa kini lalu kenyataan. Tipe kepribadian ISTJ memiliki kesesuai yang sangat baik berkarier pada bidang Manajemen kemudian lapisan Eksekutif dalam negara bisnis. ISTJ punya satu karakter yang mengasihkan keuntungan berupa peluang keberhasilan karier yang tinggi. Adalah ISTJ dapat melakukan nyaris semua hal yang mereka telah putuskan untuk dilakuin. Namun, ada daerah pada mana mereka akan merasakan lebih nyaman, dan bahagia. Seorang ISTJ akan melancarkan yang terbaik dalam karir jika mereka dapat memakai keterampilan organisasi mereka yang baik dan daya konsentrasi untuk menciptakan keteraturan serta struktur.

Akan kami sajikan beberapa daftar pekerjaan yang membutuhkan sifat-sifat seorang ISTJ, sehingga para ISTJ diminta akan memiliki kinerja yang baik jika bekerja dalam bidang-bidang ini. Namun wajib diperhatikan, hal ini gak menjadi batasan pekerjaan tuk para ISTJ, karena dalam prinsipnya setiap orang meraih mengaplikasikan potensi dari kepribadian mereka pada banyak perkara, yakni jika mereka memahami bagaimana memaksimalkan setiap keunggulan dan mengurangi dampak awd kekurangan yang mereka ada dalam meningkatkan kinerja. Kemudian bagi anda yang tengah mencoba menemukan tempat terulung anda dalam dunia aksi, serta sekarang masih kaga menemukan pilihan terbaiknya, hingga daftar bidang kerja sekarang sangat perlu menjadi agrumen anda. Dan tentu juga bagi para remaja yang ingin mempersiapkan rencana karier terbaiknya, maka kalian meraih memilih salah satu yang paling sesuai dan mengagumkan minat, lalu mempersiapkan step terbaik untuk mencapai hobi idaman anda. Di bawah ini adalah beberapa karier yang disarankan bagi para ISTJ, ini bukan daftar secara keseluruhan jadi kamu tetap dapat memilih penjuru pekerjaan lain yang serasi dengan kemampuan dan kepribadian anda. Dan tentu juga ini hanya berupa saran yang tidak menjamin sebaik-baiknya bahwa memilih pekerjaan diantara apa yang kami sajikan akan membawa anda dalam karier terbaik, karena memiliki berbagai faktor lain yang mungkin akan berpengaruh kepada keberhasilan anda (seperti yang dilakukan keras, sikap real kita, keadaan tempat pekerjaan kamu, dan yang lainnya)
Berdasarkan tipe kepribadiannya, pekerjaan-pekerjaan berikut ini pas atau menjadi pekerjaan favorit untuk orang dengan tipe kepribadian ISTJ:
a. Akuntan
b. Programmer Komputer
c. Dokter gigi
d. Dokter
e. Petugas Perpustakaan
n. Pengacara
g. Polisi / detektif
h. Pemimpin militer



Kelebihan yang dimiliki tipe kepribadian ISTJ antara yang lain:
a.       Berkomitmen kuat
Adalah ISTJ memiliki integritas lalu bekerja keras untuk sampai pada tujuan mereka. Jika telah memiliki komitmen terhadap salahsatu hal maka mereka mengenai teguh pada komitmen ini.
b.      Bertanggung jawab di dalam peran mereka secara serius
Seorang ISTJ sangat bertanggung jawab terhadap peran mereka. Misalnya saja saat akhirnya menjadi seorang ayah maka vida akan berusaha menjadi ayah yang baik dengan mengasihkan nafkah cukup bagi keluarganya.
c.       Jujur dan spontan
Seorang ISTJ selalu bergerak untuk jujur dan menjauhi kebohongan. Mereka memilih utk bersikap jujur dan simple sesuai dengan apa yang mereka rasakan.
d.      Damai dan efektif
Seorang ISTJ cenderung bersikap tenang di dalam menghadapi sesuatu. ISTJ bergiat untuk menggunakan kualitas ternama dari individu. Mereka jauh fokus pada efektivitas daripada empati.
e.       Tepat kemudian cermat
Seorang ISTJ ialah orang yang tepat sewaktu misalnya dalam menyelesaikan tugas. Mereka juga cukup details dan cermat dalam mengerjakan sesuatu sehingga cocok di mengolah data.

Kelemahan yang dimiliki tipe kepribadian ISTJ antara lain:
a.       Keras kepala
Seorang ISTJ menjurus bersikap keras kepala. Seumpama mereka percaya bahwa mereka selalu benar dalam melancarkan sesuatu. Mereka juga rata-rata menolak ide baru yang tidak didukung oleh mereka.
b.      Tidak sensitif
Adalah ISTJ tidak secara natural dapat merasakan perasaan jamaah lain. Mereka terlalu kern pada tugas-tugas dan efektivitas sehingga kadang melupakan perasaan orang lain.
c.       Sikapnya kadang terlalu kaku
Adalah ISTJ cenderung melakukan sesuatu berdasarkan aturan yang telah tertulis. Mereka akhirnya terlihat kaku karena tidak elastis dan sulit menerima perubahan.
d.      Tidak senang mengasihkan pujian pada orang yang mereka sayangi
Meskipun bertanggung jawab, orang ISTJ bukan suka memberikan pujian sekalipun itu pada orang yang mereka cintai.
e.       Menghakimi orang lain
Seorang ISTJ cenderung menghakimi setiap ide orang lain. Mereka susah untuk menerima perbedaan serta percaya pada fakta yang mereka percayai.

Komentar

Postingan Populer