Laporan Praktikum M2 - Modulus Young


Assalamu’alaikum. Wr. Wb

Selamat datang, Salam super untuk para pembaca sukses dimana kamu berada disitu kami ada. Pada kali ini akan diberitahukan mengenai tutorial contoh membuat laporan akhir praktikum fisika dasar. Namun akan dijelaskan terlebih dahulu bagaimana proses praktikum dari awal praktikum hingga akhir praktikum itu seperti apa.

Biasanya terlebih dahulu, para mahasiswa akan dikumpulkan untuk diberitahu tentang pelaksanaan kelas praktikum itu seperti apa, darimulai tata caranya, pelaksanaannya seperti apa, dan hal-hal yang wajib dibawa juga apa. Biasanya pemberitahuaan ini dilakukan sebelum hari H. Seperti penjelasan dibawah ini.

  • Yang harus dibawa pada hari pertama praktikum oleh masing-masing praktikan. Dua buah laporan pendahuluan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
1)    Laporan pendahuluan harus

ü  Ditulis tangan yang rapi dengan tinta berwarna biru dan diberi bingkai  pada kertas kuarto/A4.
ü  Teori harus ditambah (saran : kalo bisa teorinya banyakin, biar nilainya makin bagus hahaaa .... )
ü  Cara kerja dirubah menjadi kalimat aktif.
ü  Tugas pendahuluan haris dijawab (dalam mengisinya kalo bisa dibanyakin juga biar nilainya bagus)

2)    Kartu Praktikum

ü  Lengkap dengan foto 2 x 3 (Laki-laki = biru, perempuan = merah)
ü  Tulis nama, kelas, dan data-data lain harus diketik.

3)    Daftar Nilai

ü  Lengkap dengan foto 3 x 4
ü  Tulis nama, kelas, dan data-data lain harus diketik

4)    Foto copy lembar data yang kosong 8 lembar.

                                                                                                                                         
Sebelum dimulainya praktikum pada hari H, biasanya terlebih dahulu diberitahukan materi apa saja yang akan dibahas. Setelah itu, para mahasiswa dianjurkan untuk mendownload materinya dalam bentuk pdf yang telah diberikan pihak kampus.



                                                                                                                    
Misalkan materi yang saya dapat ialah (Modulus Young – M2). Nah, langkah pertama ialah membuat laporan pendahuluan untuk persyaratannya seperti penjelasan diatas. Berikut akan diberikan laporan pendahuluan contoh yang saya punya. (ingat! Laporan pendahuluan harus dikerjakan sebelum dimulainya praktikum itu sendiri). Maaf kalau tulisan sama fotonya kurang bagus hehee ....

Pada hari H (praktek), mahasiswa akan melaksanakan prakteknya. Tujuannya praktek ialah untuk mendapat data yang diperoleh dari praktek yang kemudian dibuat laporan akhir. Berikut ialah contoh laporan akhir yang saya akan berikan.













Gambar ini merupakan data yang diberikan Lab untuk diisi













Setelah itu untuk membuat laporan praktikumnya (dalam bentuk makalah) tinggal digabung saja Tugas pendahuluan+Data+Laporan akhir. Kemudian jilid (dengan ketentuan warna jilid depannya harus putih bening, sedangkan warna belakangnya bebas).


Mungkin itu saja sedikit gambaran mengenai contoh laporan praktikum dari mulai contoh pembuatan laporan pendahuluan sampai contoh pembuatan laporan akhir. Semoga dapat membantu rekan-rekan yang ingin mencari refrensi belajarnya. Terima kasih,  Wassalamu’alaikum. Wr. Wb


Komentar

  1. Gambar nya tidak terlalu jelas dan susah untuk mempelajari nya padahal materi nya sudah sangat bagus .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya terima kasih masukannya, sebab kamera hp nya masih embel2.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer