Masalah Generasi Muda


Assalamu’alaikum Wr. Wb

Salam super bagi para pembaca sukses, dimana ada buku disana kamu baca. Pemuda dan sosialisasi, untuk postingan kali ini akan membahas masalah pemuda dan sosialisasi. Pemuda sendiri merupakan individu yang dinamis, memiliki rasa yang bergejolak semangat yang optimis namun masih lemah dalam mengontrol emosi, Itulah sebabnya seorang pemuda memerlukan arahan dan bimbingan dalam melangkah. Sedangkan sosialisasi adalah individu yang membaur atau berkomunikasi didalam kehidupan bermasyarakat, dan mereka beraktifitas saling membantu dan menolong karena ada visi dan misi tertentu. Dan seperti biasa akan dijelaskan melalui beberapa pertanyaan.



  1. Masalah generasi muda
  2. Kegiatan yang diikuti dimasyarakat
  3. Apa arti penting pendidikan dan untuk apa pendidikan itu
*ketiga pertanyaan diatas merupakan pertanyaan yang disampaikan kepada seorang mahasiswa (Irras Pratama, 1KA32).



Masalah yang dihadapi generasi muda memang tidak ada habisnya, bagaimana tidak? Kita sering melihat berita baik ditelevisi ataupun diinternet banyak sekali pemuda yang salah melangkah, sehingga menyebabkan mereka terjerumus kedalam arah yang negatif. Ada banyak faktor yang menyebabkan generasi muda mengalami masalah, seperti :

a)      Narkoba

Narkoba merupakan zat adiktif yang berbahaya bila dalam penggunaannya tanpa resep dokter. Sebab mengkonsumsi narkoba akan menyebabkan halusinasi, timbulnya khayalan, dan merusak tubuh pengguna jika sudah berlebihan mengkonsumsinya. Pemerintah sangat hati-hati dalam mengawasi keberadaan narkoba disekitar masyarakat.

Tapi ternyata narkoba sudah merajalela, sebab dalam penyebarannya yang dilakukan oleh orang-orang tertentu. Mereka selalu mencari cara agar penyebaran narkoba tidak diketahui pemerintah, dan mereka pun ingin memenuhi salah satu tujuannya yaitu menghancurkan generasi muda. Ini yang menyebabkan narkoba sebagai ancaman serius yang harus diatasi oleh generasi muda saat ini.

Cara yang dilakukan dalam mengatasi narkoba :
·         Perbanyak kegiatan yang positif dan bermanfaat agar masa depan diraih saat ini
·         Kenali narkoba dan dampak negatif jika mengkonsumsinya
·         Dekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta
·         Hindari pergaulan bebas
·         Mintalah arahan kepada orang yang paham akan bahaya narkoba

b)      Penggunaan Internet yang tidak baik

Intenet merupakan jaringan komunikasi global yang terbuka dan mudah didapat. Saat ini penggunaan internet sudah merajalela, Tanpa adanya akses internet, rasanya kehidupan seseorang belum benar-benar hidup. Dan Internet telah membuka cakrawala manusia, sebagai sarana yang mampu memberitahu berbagai informasi.

Namun sayangnya, penyalahgunaan dalam menggunakan internet terkadang malah kearah yang buruk. Seperti menyebar berita hoax, menonton video porno, dan masih banyak lagi. Inilah yang terkadang membuat generasi muda terkena dampak dari penyalahgunaan internet, yang pada akhirnya generasi muda malah melangkah kearah yang negatif. Oleh sebab itu, penting untuk generasi muda dalam penggunakan dan harus memanfaatkan internet sebaik mungkin, serta perlunya peran berbagai pihak untuk membimbing generasi muda dalam menggunakan internet. Agar generasi muda kedepannya bisa lebih baik lagi.

Dan untuk menghindari dari beberapa masalah yang dihadapi generasi muda seperti narkoba, penggunaan internet yang tidak baik, dan lain-lain. Kita dapat menyibukan diri seperti (Irras pratama, 1KA32) menurut irras “Dengan melakukan kegiatan seperti mengikuti karang taruna, remaja masjid, organisasi futsal, dan lain-lainya. Itu dapat membawa kita kearah yang positif dan pastinya jauh dari narkoba”. Irras sendiri merupakan orang yang sering mengikuti kegiatan-kegiatan organisasi yang menurut dia itu baik untuk kedepannya. Dia pernah mengikuti organisasi renfal, karang taruna, dan futsal dikelapa dua karawaci.



Dari penjelasan diatas tentu ada keterkaitannya dengan pendidikan, dengan pendidikan kita akan tahu mana hal baik dan buruk, dan dengan berpendidikan kita akan tahu arah dan tujuan hidup kita yang lebih baik itu seperti apa. Adapun manfaat pendidikan bagi generasi muda :

a.      Memberikan informasi dan pengetahuan
b.      Menciptakan generasi muda yang lebih baik
c.       Akan membentuk pola pikir yang ilmiah
d.      Mengajarkan fungsi sosial pada masyarakat
e.      Membentuk karakter diri dan bangsa
f.        Meraih cita-cita dan masa depan yang lebih baik
g.      Meningkatkan kreativitas, produktifitas, dan kualitas seseorang
h.      Dan lain-lain

Demikianlah postingan singkat mengenai problem generasi muda saat ini, semoga dapat bermanfaat untuk para pegiat membaca sukses. Kurang lebihnya mohon maaf. Terima kasih, Wassalamu’alaikum .........

Komentar

Postingan Populer