Konflik & Strategi Penyelesaian


Assalamu’alaikum Wr. Wb

Salam super bagi para pembaca sukses, dimana ada buku disitu kamu baca. Postingan pada kali ini akan membahas mengenai “KONFLIK” apa itu konflik ? dalam menjalani roda kehidupan, setiap manusia dihadapkan oleh suatu permasalahan/cobaan yang membuat seorang manusia harus berpikir dan bertindak. Namun pikiran atau tindakan yang dilakukan inilah yang terkadang menyebabkan konflik. Apa Anda merasakannya? Seperti biasa pada postingan ini akan dijelaskan melalui beberapa pertanyaan.

1.    Apa pengetian konflik ?
2.    Apa saja tipe-tipe konflik ?
3.    Sebutkan strategi dalam penyelesaian konflik ?
4. Berikan salah satu contoh konflik yang Anda ketahui beserta strategi untuk menyelesaikannya ?

A.   Pengertian Konflik



Konflik berasal dari kata kerja Latin configere yang berarti saling memukul. Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) di mana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.

Menurut An. Ubaedy, secara teori konflik memiliki pengertian fisik dan non-fisik, untuk yang non-fisik seperti emosi, pemikiran, perasaan dan lainnya, sedangkan untuk yang fisik seperti kekerasan, peperangan, pemukulan, dan lainnya. Sedangkan menurut Littlejohn dan Domenici (2007) membagi 3 pengertian konflik yaitu: konflik sebagai pertentangan dalam perebutan tujuan (conflict in the struggle for goals), konflik sebagai sebuah antagonism dan konflik sebagai oposisi sosial (conflict as social opposition).

B.   Tipe-tipe Konflik

·         Approach – aproach conflick
·         Avoidance – avoidance conflick
·         Approach – avoidance conflick

C.   Strategi Penyelesaian Konflik

·         Menghindar, lari dari masalah.
·         Memperhalus, mengakomodasi yang memerlukan pihak ke-3.
·         Memaksa, cenderung menggunakan taktik/cara.
·         Menghadapi, sama seperti memperhalus bedanya hanya tergantung individu.

D.   Berikut salah satu konflik yang terjadi beserta strategi dalam menyelesaikannya

Permasalahan

Pertandingan sepak bola Go-Jek Liga 1 yang mempertemukan Arema Malang Vs Persib Bandung, distadion Kanjuruhan Kab. Malang pada tanggal 15 April 2018 berakhir dengan skor sama kuat 2-2.



Namun pada pertandingan kali ini terjadi insiden kericuhan diakhir-akhir pertandingan yang dilakukan oleh kedua suporter tim kesayangan. Bagaimana tidak, dari awal sebenarnya kedua suporter masih terlihat kondusif, namun karena jalannya pertandingan terlihat intensif semakin memanas membuat kedua suporter saling meledek ataupun mencemooh tim lawan mereka serta banyak juga keputusan yang dilakukan oleh wasit yang mereka anggap salah.

Strategi Penyelesaian




a)    Memperhalus

Untuk masalah yang kini menjadi persoalan dan harus diselesaikan yaitu dengan (metode memperhalus) memerlukan pihak ke-3. Setiap kejadian kericuhan ataupun tindakan kasar yang terjadi pada sepak bola Indonesia tentu melibatkan PSSI untuk bertindak tegas dalam menangani setiap masalah. Jadi untuk mengakomodasi insiden pada pertandingan ini yaitu dengan melibatkan PSSI sebagai pihak ke-3 untuk memberikan sanksi dan solusi dalam mengatasi masalah kericuhan pada pertadingan Arema Malang vs Persib Bandung.

b)    Memaksa

Untuk masalah yang kini menjadi persoalan dan harus diselesaikan yaitu dengan (metode memaksa) menggunakan taktik atau cara. Sebenarnya, kericuhan yang dilakukan oleh setiap suporter tim sepak bola Indonesia sudah banyak yang terjadi.

seperti yang pernah dilakukan oleh suporter Persija Jakarta (Jack Mania) dengan suporter Persib Bandung (Viking/Bobotoh), dimana kedua belah pihak (pemimpin suporter) menggunakan cara seperti jangan bernyanyi meledek atau mencemooh tim lawan, jangan membuat gambar-gambar yang menyinggung tim lawan, jangan membuat konten atau berita disosial media yang menyinggung tim lawan, serta banyak lagi cara yang dilakukan kedua belah pihak. Walaupun sampai saat ini, suporter jack mania dan viking masih terlihat bermusuhan, akan tetapi setidaknya sudah melakukan cara dalam mengatasinya.



Beberapa cara yang dilakukan oleh suporter Jack mania dan Viking/Bobotoh, bisa diterapkan juga untuk masalah yang kini dihadapi oleh suporter Arema Malang dan juga suporter Persib Bandung.

c)    Menghadapi

Untuk masalah yang kini menjadi persoalan dan harus diselesaikan yaitu dengan (metode menghadapi) yang dilakukan setiap individu. Untuk masalah kericuhan yang sudah terjadi ini antara suporter Arema Malang dengan Persib Bandung, dapat diselesaikan dengan kekeluargaan, dimana kedua belah pihak saling berani untuk berkomunikasi perihal insiden yang sudah terjadi dan sepakat untuk tidak mengulanginya lagi jika ada pertandingan berikutnya. Dari sini juga kedua belah pihak harus berlapang dada ataupun menerima dengan ikhlas jika memang hasil yang terjadi berikutnya sama seperti kejadian sebelumnya.
Itulah penjelasan singkat mengenai permasalahan konflik dan strategi penyelesaian konflik. Demikian mohon maaf bilamana terdapat kata-kata yang mengganggu pihak terkait dari artikel ini. Terima kasih, Wassalamu’alaikum.

Komentar

Postingan Populer