Perubahan Penduduk & Mudahnya budaya barat masuk Indonesia


Assalamu’alaikum. Wr, Wb.

Salam super untuk para pembaca sukses, dimana ada buku disitu kamu baca. “Ada yang tau apa itu pertumbuhan penduduk?” atau sudah terbayangkan akan jawabannya? Pada kali ini akan dibahas mengenai pertumbuhan penduduk yang tentu sering terjadi disetiap wilayah terutama Indonesia, seperti biasa setiap postingan akan dibahas melalui beberapa pertanyaan :

  1. Apa yang dimaksud dengan pertumbuhan penduduk?
  2. Adakah dampak positif dan negatif dari pertumbuhan penduduk?
  3. Mengapa budaya barat dengan mudahnya masuk ke Indonesia?
  4. Apa pendapat kalian mengenai perubahan budaya Indonesia saat ini?
Yang namanya hidup selalu mengalami pertumbuhan terutama pada manusia, tumbuh dari usia muda hingga dewasa dan seterusnya. Namun yang menjadi pertanyaan adalah “Dimana tempat yang tepat untuk proses pertumbuhan manusia itu?” dalam  hidup, tentu kita akan memikirkan “Mengapa saya tinggal ditempat/daerah  ini? Apakah saya akan tinggal disini selamanya? Apakah saya akan pindah tempat/daerah untuk menyesuaikan diri saya setelah usia dewasa nanti?” dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan dalam diri akan hal tersebut. Hal ini juga yang menyebabkan  terjadinya pertumbuhan penduduk disuatu wilayah.

A.   Pertumbuhan Penduduk

Sebelum masuk kedalam arti dari “pertumbuhan  penduduk” akan dijelaskan  tentang kata dari penduduk itu sendiri, Penduduk dapat diartikan sebagai orang orang yang berdomisili atau bertempat tinggal tetap di wilayah tertentu. Lalu apa itu pertumbuhan penduduk ?



Pertumbuhan penduduk adalah  Ialah suatu kondisi dimana jumlah penduduk mengalami perubahan dari setiap waktu, dihitung juga sebagai perubahan dalam jumlah  individu atau dalam sebuah populasi menggunakan satuan “per waktu unit” untuk pengukuran. Tentunya ini berlaku pada semua spesies, terutama manusia.

B.   Dampak positif dan negatif dari pertumbuhan penduduk

Dari yang sudah dijelaskan mengenai pengertian perubahan penduduk, ternyata terdapat dampak atau akibat adanya perubahan penduduk.



a)      Dampak positif
·  Tersedianya tenaga kerja untuk meningkatkan produksi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus meningkat. Jadi semakin banyak konsumen, semakin dibutuhkan juga kebutuhan SDM pada suatu produksi.
·  Bertambahnya kebutuhan akan  pangan, sandang, dan papan sehingga berkembang jumlah dan jenis usaha lokal. Usaha lokal sendiri sangat dibutuhkan oleh Indonesia, sebab ini merupakan salah satu bentuk kegiatan positif masyarakat dalam mencari uang.
·   Meningkatnya investasi atau penanaman modal karena makin banyak  kebutuhan manusia.
·         Dan lain-lain.

b)      Dampak negatif
·     Kegiatan penduduk, baik kegiatan di rumah, kegiatan perdagangan, atau industri pasti menghasilkan sampah atau limbah. Makin banyak penduduk, makin banyak limbah yang dihasilkan. Pada gilirannya, sampah atau limbah akan berdampak buruk pula bagi manusia. Salah satunya banjir, yang disebabkan oleh sampah/mantan yang dibuang sembarangan.
·         Banyaknya tenaga kerja yang menganggur atau belum mendapatkan pekerjaan sangat rentan terhadap perilaku kejahatan atau kriminal. Desakan kebutuhan dapat memaksa sebagian penduduk untuk melakukan tindak kejahatan. Beberapa contohnya begal, perampok, pencuri, pencuri kotak amal, pencuri sendal, pencuri hatimu, dan lain-lain.
·         Pertumbuhan penduduk yang tinggi, khususnya di daerah perkotaan, akan membuat harga lahan makin mahal. Akibatnnya, sebagian penduduk tidak mampu membeli lahan dengan luas yang cukup memadai untuk permukiman. Permukiman menjadi sangat padat sehingga tidak sehat. Apalagi jika sanitasinya buruk, tentu keadaan itu akan menimbulkan berbagai macam penyakit. Kondisi seperti ini bisa dilihat dikota-kota besar, semisal di Jakarta yang sudah banyak jumlah populasi manusianya
·         Dan lain-lain.

C.   Mudahnya budaya barat masuk Indonesia



Kemudahannya budaya dari barat masuk ke Indonesia ada beberapa faktor, seperti ;

1)      Penjagaan kurang ketat dari pemerintah
2)      Sebagian orang-orang Indonesia yang terlalu mudah menerima akan kehadiran orang baru.
3)      Gaya hidup sebagian orang Indonesia yang mengarah ke barat-baratan, ini yang membuat mereka (orang barat) ingin berkunjung ke Indonesia.
4)      Dan lain-lain

Kehadiran orang-orang barat sebenarnya bisa kita ambil positifnya, jangan mengambil negatifnya dari apa yang  mereka lakukan. Disini akan dijelaskan beberapa perilaku positif orang barat dan  perilaku negatif orang barat.

1)      Contoh Positif
·         Menghargai waktu
Orang orang barat sangat menghargai waktu. Bagi mereka waktu bukanlah hanya berarti uang melainkan peluang baik yang harus di kendalikan pada saat itu juga agar menjadi lebih bermanfaat.
·         Kerja keras dan cerdas
Kebiasaan orang barat yang paling terkenal adalah mereka pekerja keras. Mereka bekerja rata rata lebih dari 12 jam perhari. Mereka mampu bekerja dibawah tekanan dengan patuh dan minim berbuat kesalahan. Mereka menyadari bahwa bekerja keras dapat meningkatkan kualitas akademik dan keterampilan seseorang secara bersamaan.
·         Dan lain-lain

2)      Contoh negatif
·         Mengkonsumsi minuman keras dan mengandung alkohol
Orang-orang barat mengkonsumsi minuman keras dengan beralasan  untuk menghangatkan badan, sebab disana terdapat 4 musim satu diantaranya musim salju. Berbeda dengan orang-orang Indonesia yang mengkonsumsi minuman keras dengan beralasan biar dilihat kayak orang barat, dan tentu ini sangat berbahaya.
·         Berpakaian ala barat
Dalam berpakaian tentu kita sebagai manusia harus mengetahui etikadalam berpakain, kita tidak boleh menjudge “orang barat kalau berpakaian kayak telanjang”. Jika ditelusuri disetiap agama pasti mengajarkan etika berpakaian haruslah sopan. Namun jaman pasti berubah, ini yang membuat sebagaian orang mencari ide-ide aneh terutama dalam hal berpakaian.
·         Dan lain-lain


D.   Pendapat tentang budaya Indonesia saat ini

Budaya merupakan sesuatu yang sudah melekat pada masyarakat dan tentu sudah menjadi tradisi bagi kalangan masyarakat, budaya sendiri juga dapat dikatakan sebagai simbol suatu masyarakat. Oleh karena itu, kita sebagai manusia harus dapat menghargai setiap budaya yang ada apapun bentuknya.



Pendapat mengenai budaya Indonesia saat ini, bisa dikatakan mulai memudar. Tentu ada banyak alasan bisa dikatakan budaya Indonesia mulai memudar walaupun sebagian budaya Indonesia masih tetap sama. Beberapa alasan tentang kondisi budaya Indonesia saat ini.

1.    Memudar dikarnakan sebagian masyarakat Indonesia yang kurang peduli akan kayanya budaya yang dipunya.
2.      Mudah terpengaruh oleh budaya luar, sehingga meninggalkan budaya sendiri
3.      Kurangnya ilmu dalam pembelajaran budaya terutama budaya lokal sendiri
4.      Dan lain-lain

Peran kita sebagai masyarakat Indonesia harus kembali mengenali budaya kita dan mulai membangun budaya, supaya dunia mengetahui bahwa Indonesia kaya akan budaya.

Demikian penjelasan mengenai pengertian perubahan penduduk, dampak positif dan negatif adanya perubahan penduduk, mudahnya budaya barat masuk ke Indonesia, dan opini kondisi budaya Indonesia saat ini. Terima kasih, Wassalamu’alaikum ....

Refrensi terkait

Komentar

Postingan Populer